Sudah Lapor Jokowi, Separuh PNS Bappenas Kerja di Rumah

publicanews - berita politik & hukumMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan menerapkan kebijakan baru yaitu bekerja dari rumah mulai Januari 2020. Separuh PNS di kementerian yang digawangi Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa ini tak perlu repot ke kantor lagi.

"Mulai hari ini itu sudah delapan deputi semuanya yang ada di Bappenas, sudah mulai trial and error," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

Menurut Suharso, saat diterapkan pada awal tahun depan, setidaknya separuh PNS di lingkungan Bappenas akan bekerja di rumah. "Separuhnya lagi di kantor," ujarnya.

Kebijakan baru ini sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kemarin saya lapor kepada Bapak Presiden bahwa kalau memang ini bisa sukses dijalankan, maka akan ditiru," ia menambahkan.

Suharso mengakui khusus di sektor pelayanan publik, kebijakan ini belum akan diberlakukan. Kementerian masih menunggu inovasi artificial intelligence atau AI, agar bisa mengakomodir hal tersebut.

Mantan Menteri Perumahan ini mengatakan konsep perkantoran pemerintah masa depan yaitu smart office yang diadopsi dari perusahaan starup.

"Kita bisa bekerja flexy job, flexy schedule, semuanya serba flexy, remote working," katanya.

Suharso mengatakan PNS tersebut tetap ada target tertentu yang harus dicapai. Bekerja di luar kantor bahkan sambil berlibur diharapkan dapat meningkatkan produktivitas. (feh)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top