Skandal Dirut Garuda: dari Harley Hingga Pramugari

publicanews - berita politik & hukumI Gusti Ngurah Askhara alias Ari Askhara. (Foto: Katadata)
PUBLICANEWS, Jakarta - Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara alias Ari Askhara (48) membuat murka Menteri BUMN Erick Thohir. Kata pecat dan tidak punya akhlak bagai kata pemungkas untuk menyudahi karir Askhara yang pernah dianggap kinclong di era Menteri Rini Soemarno itu.

Setelah sanksi gara-gara menyelundupkan Harley Davidson lawas, sejumlah dosa Ari pun diungkit. Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) menyebutkan kebijakan pria kelahiran 1971 itu banyak merugikan, misalnya soal pengalihan rute penerbangan.

"Perjalanan lebih panjang sehingga jam kerja kami melebihi batas wajar," kata Ketua Umum Ikagi Zaenal Muttaqin dalam jumpa persnya, Jumat (6/12). Ia mencontohkan penerbangan Jakarta-Amsterdam menjadi Bali-Medan-Amsterdam sehingga memakan waktu 19 jam.

Zaenal juga mengungkap kebijakan kontroversial pria yang pernah menjadi Assistant Vice President Bank Mandiri itu, seperti suguhan live music akustik di pesawat, larangan foto dan video oleh penumpang di dalam pesawat.

"Termasuk pemalsuan dokumen keuangan," Zaenal menambahkan.

Dalam skandal laporan keuangan perusahaan pelat merah itu seharusnya merugi Rp 3,45 triliun, tetapi disulap menjadi laba Rp 70,76 miliar pada tahun berjalan 2018. Kasus ini membuat Garuda terkena sanksi denda.

Kebijakan kontroversial alumnus FE UGM itu lainnya juga diungkap Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. Ia menyoroti kebijakan Ari Askhara yang menaikkan harga tiket pesawat hingga biaya kargo yang melambung.

Pewaris jaringan Sahid Group itu mengatakan, akibat lonjakan harga tiket sejak awal 2019, tingkat hunian hotel ikut anjlok.

"Dia (Ari Askhara) mendikte pasar, sampai Traveloka dipencet sama dia, itu enggak fair lah," kata Hariyadi, siang ini.

Selain kebijakan yang dianggap amburadul, suara miring juga dialamatkan pada Ari yang diangkat sebagai Direktur Utama PT Garuda pada September 2018.

Zaenal mengatakan, eks bosnya itu disebut-sebut memiliki hubungan spesial dengan pramugari Garuda. "Kalau isu tersebut, memang seperti itu," ujarnya.

Namun Zaenal tak mau berbicara detail soal rumor pramugari tersebut. Ia mengatakan hal itu sebagai wilayah privasi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top