KPK Berharap Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hakordia Senin Nanti

publicanews - berita politik & hukumKonferensi pers dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung KPK, Jumat (6/12). (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Jokowi diharapkan hadir dalam puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, pada Senin (9/12) nanti.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan telah mengundang Jokowi dan tengah menunggu keputusan kehadirannya. "Kehadiran beliau pasti kami sangat harapkan," kata Agus Rahardjo dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/12).

KPK sangat berharap Jokowi bisa hadir agar mendengar laporan mengenai perkembangan aplikasi JAGA. Aplikasi ini untuk memantau pelayanan publik, yang diluncurkan Jokowi bersama KPK pada 2016 lalu.

"Harapan kami ini juga bisa kami laporkan perkembangannya karena pada 2016 saya waktu itu mendampingi pak Jokowi meresemikan JAGA ini. Waktu dengan pak Wiranto kalau enggak salah 2016 itu," Agus menambahkan.

Aplikasi JAGA, menurut Agus, sudah berkembang pesat. Tak hanya memantau pelayanan terkait kesehatan dan pendidikan, aplikasi JAGA saat ini sudah merambah untuk memantau perizinan, Dana Desa hingga anggaran daerah.

"Harapan kita ke depan platform itu menjadi pusat dari informasi layanan publik. Jadi, kami berharap beliau bisa hadir untuk melihat perkembangannya (aplikasi JAGA)," kata Agus.

Hakordia tahun ini mengusung tema 'Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan Indonesia Maju'. Dengan tema ini, KPK berharap seluruh kalangan baik masyarakat maupun pemerintah untuk bersama-sama memberantas korupsi.

Agus memohon maaf lantaran Hakordia tahun ini digelar di Gedung KPK, sementara tiga tahun terakhir dilaksanakan di Hotel Bidakara. Penyelenggaraan tahun ini KPK juga melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Kali ini kita selenggarakan sedikit lebih sederhana karena diselenggarakannya di Gedung Penunjang KPK tapi tidak mengurangi semangat kita semua," katanya.

Rangkaian peringatan Hakordia 2019 dimulai pada Jumat (6/12) dengan digelarnya Festival Suara Antikorupsi.

Dalam kegiatan ini, KPK akan mengumumkan pemenang Apresiasi Jurnalis Lawan Antikorupsi 2019. Rangakaian peringatan Hakordia 2019 dilanjutkan KPK pada Minggu (8/12) dengan workshop komunitas antikorupsi dengan tema “Sinergi dalam Pemberantasan Korupsi”.

Pada hari yang sama, KPK juga menggelar Premiere dan Awarding Anticorruption Film Festival (ACFFest) 2019 dan Dongeng Kebangsaan Antikorupsi di Ciputra Artpreneur Theater.

"Puncak peringatan Hakordia akan dilaksanakan pada 9 Desember pukul 09.00 - 12.00 WIB di Gedung Penunjang KPK. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top