IPW Duga Faktor Ini Hambat Irjen Sigit Sebagai Kabareskrim

publicanews - berita politik & hukumKadiv Propam Irjen Listyo Sigit Prabowo saat masih menjabat Kapolda Banten. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sudah hampir tiga pekan posisi Kabareskrim dibiarkan kosong. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mempertanyakan ketegasan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Menurut Neta, jika benar Kadiv Propam Irjen Listyo Sigit Prabowo sudah dip├Člih sebagai Kabareskrim seharusnya segera dikeluarkan penetapan resmi atau TR (telegram rahasia)-nya.

Neta menilai ada kebingungan di lingkungan internal Polri. "Sementara kalangan internal Polri mendapat informasi bahwa Presiden Jokowi dan Kapolri Idham Azis sepakat memilih Sigit sebagai Kabareskrim," ujar Neta dalam rilisnya, Selasa (20/11).

Berdasar infromasi yang diterima, kata Neta, ada dua ganjalan yang membuat TR penunjukkan Sigit belum dirilis. Ia merujuk pada faktor agama dan lulusan Akpol 1991 itu dianggap terlalu muda.

"Selama ini sudah beberapa kali Kabareskrim dijabat oleh perwira non Muslim, dan yang bersangkuran tidak masalah dalam menjalankan tugas-tugas profesionalnya," Neta menambahkan.

Neta juga menepis jika faktor usia dan lulusan Akpol yang dianggap telalu muda karena selama ini juga tidak ada masalah. Ia mencontohkan jabatan Kapolri yang diemban Dai Bachtiar dan Tito Karnavian.

"Jadi, tidak ada masalah jika Jokowi dan Idham sudah memilih Sigit menjadi Kabareskrim, segera saja keluarkan TR-nya." Neta menjelaskan.

Neta mendesak Komisi II DPR segera memanggil Kapolri Idham Azis untuk mempertanyakan kenapa Kabareskrim dibiarkan kosong selama 20 hari.

Irjen Sigit mengawali karir dengan penugasan di Jawa Tengah, antara lain, menjabat Kapolres Solo. Sebelum menjadi ajudan Presiden Jokowi, Sigit adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Setelah menjadi ajudan presiden, Sigit dipromosikan sebagai Kapolda Banten selama dua tahun. Saat itu Sigit yang beragama Kristen itu sempat ditolak MUI Banten.

Sejak Agustus 2018, pria yang kini berusia 50 tahun ini menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top