Soal Anggaran Kemenhan, Prabowo Menolak Buka-bukaan

publicanews - berita politik & hukumMenteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Ketua Komisi I DPR Meutia Hafid menjelang raker di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak bersedia membuka anggaran Kemenhan dalam Rapat kerja (Raker) dengan Komisi I DPR. Tapi kalau rapat digelar tertutup, ia mau buka-bukaan.

"Kalau saya merasa saya ditekan untuk terlalu terbuka saya tidak akan lakukan. Saya bertanggung jawab kepada Presiden RI. Tapi bersedia (terbuka) kepada saudara-saudara, apa saja, secara tertutup saya bersedia," kata Prabowo di Kompleks DPR, Senin (11/11).

Mantan Pangkostrad itu menambahkan, sejak awal ia mengira raker dengan Komisi I bersifat tertutup sebagaimana dengan Menhan terdahulu.

Ketua Komisi I DPR sekaligus pimpinan raker Meutya Hafid meminta pandangan Prabowo setelah terjadi perdebatan anggota Komisi I DPR. Awalnya anggota Fraksi PDIP Effendi Simbolon meminta Prabowo memaparkan anggaran Kemenhan.

Menurut Effendi, jika Prabowo meminta dukungan anggaran maka harus dipaparkan rincian anggaran tersebut. "Tapi saudara Menhan tadi tidak menyinggung, hanya visi misi dan itu juga masih visioner. Jadi dukungan anggarannya seperti apa, karena di sini ada. Tolong disampaikan," ujar Effendi.

Permintaan Effendi mengundang banyak tanggapan. Anggota Fraksi PPP Syaifullah Tamliha mengingatkan Effendi bahwa sesuai kesepakatan rapat dengan kapoksi untuk anggaran nanti sesinya tertutup.

Tampak beberapa kali Effendi berupaya melakukan interupsi. Sikap Effendi didukung koleganya dari PDIP Adian Napitupulu.

"Saya pikir ini tidak perlu diperdebatkan panjang lebar. Yang diminta oleh Pak Effendi sederhana loh. Apa yang sudah dipaparkan di sini, dipaparkan saja secara lisan," ujar aktivis '98 itu.

Namun, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono yang juga duduk sebagai anggota Komisi I meminta tidak ada penekanan kepada Prabowo, sebaliknya segala keputusan diserahkan kepada Menhan untuk disampaikan secara tertutup atau terbuka.

Prabowo mengatakan anggaran Kemenhan mencapai Rp 131 triliun. Angka itu sebenarnya sudah diketahui seluruh anggota komisi. Ia mengatakan akan memamparkan dalam rapat tertutup. "Tapi maaf saya tidak akan mau berbicara terlalu terbuka," kata Ketua Umum Parta Gerindra yang juga Menhan itu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top