Jokowi Sudah Dapat Masukan 5 Kandidat Dewas KPK

publicanews - berita politik & hukumJuru Bicara Presiden Fajroel Rachman. (Foto: Twitter/@fajoreL)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menunjuk lima tokoh yang akan menempati posisi sebagai Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, kelima anggota Dewas berdasarkan masukan dari semua kalangan masyarakat. Mereka, ia menambahkan, diisi orang-orang mempunyai kredibilitas dan komitmen untuk memberantas korupsi.

"Pada intinya adalah (Jokowi) sudah mendapat masukan, dan pemerintah juga meminta masukan dari pihak-pihak masyarakat," ujar Fadjroel di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Fadjroel mengatakan, Presiden mempunyai hak dan berhak menentukannya anggota Dewas. Kelima Dewas berasal dari kalangan hukum maupun nonhukum.

Sebelumnya beberapa nama mengemuka sebagai calon anggota Dewas. Aktivis antikorupsi dari Indonesian Legal Roundtable (ILR) Erwin Natosmal Oemar mengusulkan eks pimpinan KPK.

Ia menyebutkan nama Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif. Kemudian, pimpinan KPK periode 2003-2007 Amien Sunaryadi dan Ketua KPK periode 2010-2011 M Busyro Muqoddas.

Beberapa nama lain seperti Basuki Tjahaja Purnama dan Antasari Azhar ramai di media sosial sebagai calon Dewas pertama di lembaga antirasuah itu.

Diketahui setelah UU KPK hasil revisi sah berlaku, presiden harus menunjuk lima perosenel Dewas. Kelimanya akan dilantik bersama lima pimpinan KPK pada Desember 2019 mendatang. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top