Komisi III Aklamasi Setujui Idham Azis Jadi Kapolri

publicanews - berita politik & hukumKomjen Idham Azis menyerahkan pakta integritas calon Kapolri kepada Ketua Komisi III Herman Hery seusai uji kepatutan di Gedung DPR, Senayan, Rabu (30/10) sore. (Foto: Publicanews/bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi III DPR akhirnya menyetujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Persetujuan dilakukan secara aklamasi seusai uji kelayakan dan kepatutan di Ruang Komisi III, Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/10) sore.

Ketua Komisi III Herman Hery yang memimpin rapat menanyakan kepada semua fraksi dan anggota komisi yang hadir. "Apakah semua setuju?" tanya Herman. Semua fraksi langsung menjawab serempak. "Setujuuu!!!"

Seisi ruangan kemudian bersorak dan bertepuk tangan untuk Idham Azis, tak para jenderal Polri yang duduk di belakang Kabarsekrim Polri tersebut. Tampak, antara lain, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Kapolda Papua Barat Brigjen Henry Nahak, dan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Selanjutnya, Herman mengatakan hasil aklamasi tersebut akan dibahas sekaligus disahkan pada rapat paripurna dengan seluruh pimpinan DPR pada Kamis (31/10) besok.

Dalam fit and proper test, eks Kapolda Metro Jaya itu berhasil menjawab semua pertanyaan seluruh fraksi dengan baik. Idham memparakan soal strategi penanganan terorisme, pengamanan di Papua, strategi menghadapi era digital khusunya kejahatan siber, permasalahan internal Polri, hingga menjalin komunikasi anggota polisi dengan umat.

"Bagian akhir komitmen saya jika jadi Kapolri yaitu meningkatkan kepercayaan publik melalui program promoter," Idham menjelaskan.

Alumnus Akpol 1988 itu langsung meneken pakta integritas dan mengutip kata bijak dari Presiden ketiga RI BJ Habibie.

"Kepada Tuhan saya tidak akan bertanya mengapa, kenapa dan bagaimana. Namun jika hamba diperkenankan mengajukan satu permohonan, maka berilah hamba petunjuk serta kekuatan untuk mengambil jalan yang benar sesuai dengan kehendak-Mu," ujar Idham sebagai kalimat penutup. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top