Idham Azis Ajukan Tujuh Program Prioritas Polri

publicanews - berita politik & hukumCalon tunggal Kapolri Komjen Idham Azis menyampaikan tujuh program prioritas dalam uji kepatutan dan kelayakan di ruang Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (30/10) siang. (Foto: Publicanews/bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Calon tunggal Kapolri Komjen Idham Azis menyampaikan tujuh program prioritas jika menggantikan Jenderal Tito Karnavian nanti. Idham menyampaikan hal tersebut dalam uji kelayakan dan kepatutan di hadapan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/10) siang.

Kabaresrim Polri itu diberi kesempatan memaparkan program-programnya dalam 30 menit. "Jika diberikan kepercayaan sebagai Kapolri, saya akan melakukan program penguatan Polri, baik global maupun regional, yang acuannya mengarah kebijakan pemerintah," kata Idham di ruang Komisi III.

Adapun tujuh program prioritas tersebut yakni mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, pemantapan harkamtibmas, penguatan gakkum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan, dan penguatan pengawasan.

Soal SDM, Idham akan menyelenggarakan perekrutan Polri yang proaktif. "Pembenahan pola diklat siap kerja, pembinaan karier berbasis meritokrasi, dan peningkatan kesejahteraan," ujarnya.

Dalam pemantapan harkamtibmas, Idham menyebut upaya penguatan terhadap deteksi dini, pengamanan konflik sosial, penanganan unjuk rasa, karhutla, penanggulangan radikalisme, pengamanan pilkada 2020, sampai pemgamanan PON di Papua.

Dalam pemantapan manajemen media, alumnus Akpol 1988 ini juga ingin adanya sistem pengelolaan media mainstream dan media sosial yang baik.

Mengenai penguatan sinergi polisional, Idham menjelaskan, yang menjadi tugas penting adalah memantapkan kerja sama dengan sejumlah institusi, seperti TNI kementerian dan lembaga, pemda, aparat penegak hukum (gakkum) lainnya, serta kerja sama luar negeri.

Dengan sisa masa jabatan hanya 14 bulan, Idham berkomitmen melaksanakan tujuh program tersebut dengan baik. "Semoga program penguatan Polri yang Promoter ini menuju Indonesia yang lebih maju," kata Idham mengakhiri paparannya. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top