Wapres Ma'ruf Amin Tetap Ketua Umum MUI

publicanews - berita politik & hukumWapres Ma'ruf Amin. (Foto: Kompas)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan tetap merangkap jabatan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga 2020. Namun, statusnya nonaktif dan tugasnya di MUI ditangani Wakil Ketua Umum Yunahar Ilyas dan Zainut Tauhi Sa'adi.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Seni dan Budaya MUI Sodikun. "Pak Kiai (Ma'ruf Amin) itu nonaktif, jadi posisinya masih ketua umum tapi nonaktif. Nanti hadirnya pada saat munas," ujar Sodikun di kantor MUI, Jakarta, Selasa (29/10).

Status nonaktif Ma'rus tersebut dihasilkan dalam Rapat Kerja Nasional MUI di NTB. "Rapat pimpinan harian menyepakati menyetujui masa khidmat pak Kyai sampai akhir masa khidmatnya 2020," Sodium menambahkan.

Menurutnya, keputusan tersebut menjadi keputusan bersama dalam rapat pimpinan. "Jadi tidak ada masalah lagi, tidak ada perbedaan bahkan ada kesepakatan kami bersama agar pak kyai tetap pada posisi ketua umum," ujarnya.

Sedangkan untuk pelaksana tugas tugas keseharian itu diemban oleh Wakil Ketum , yaitu Yunahar Ilyas dan Wakil Menteri Agama Zainud Tauhid.

MUI sebagai lembaga yang dibiayai pemerintah menaungi ormas Islam di Tanah Air. Keputusan fatwa MUI memberi warna dalam kehidupan kemasyrakatan. Fatwa MUI menjadi rujukan, misalnya, fatwa halal.

Fatwa penistaan agama yang dijatuhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diambil oleh Ma'ruf ketika itu dan menyulut jutaan umat berdemo. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top