Penyerang Wiranto Mantan Pengguna Narkoba

publicanews - berita politik & hukumPasutri Abu Rara dan Fitri Andriana menunggu di belakang mobil Wiranto ketika tiba di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) siang, sebelum menyerang. (Foto: Media Sosial)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan penyerang Menko Polhukam Wiranto merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi. Keduanya adalah pasangan suami istri Syahril Alamsyah alias Abu Rara (31) dan Fitri Andriana binti Sunarto (21).

"Bahwa dari dua pelaku ini kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi," ujar Budi Gunawan usai menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, kemarin.

Sepak terjang Abu Rara terdeteksi BIN pertama kali masuk jaringan JAD Kediri, kemudian pindah ke Bogor bersama istri pertamanya Neta. Rumah tangga Abu Rara retak sehingga berpindah lagi ke Menes dengan difasilitasi Abu Syamsuddin JAD dari Menes.

"Beberapa kegiatan yang bersangkutan sudah dideteksi dan sudah dalam pengembangan," ujar Budi Gunawan.

Sementara Polri menduga motif pelaku menusuk Wiranto karena menilai ia pemegang komando yang membawahi Polri dalam pemberantasan terorisme.

"Pak Wiranto kan Menko Polhukam membawahi Polri dalam melakukan penegakan hukum terhadap kelompok-kelompok terorisme," kata Karopenmas Divhumas Polri Dedi Prasetyo kepada wartawan di kantornya.

Abu Rara, ia menambahkan, merupakan bagian dari JAD yang pimpinannya sudah ditangkap lebih dulu. Menurut Dedi, ia pernah menjadi pengguna narkoba dan mendekam di Rutan Polrestabes Medan. Polisi menyebut Abu Rara depresi setelah bercerai dengan istri pertamanya.

Salah satu teman Abu Rara, Dian Susanto, mengatakan temannya itu sering mabuk. "Itu setelah Syahrial ditinggalkan istri pertamanya yang bernama Neta. Pernikahan mereka tak lebih tiga bulan," kata Dian di tempat terpisah. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top