PDIP: Terima Kasih Pak JK Atas Penolakan Perppu KPK

publicanews - berita politik & hukumPresiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. (Foto: Instagram/@jusufkalla)
PUBLICANEWS, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang menolak penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) KPK.

"Terima kasih Pak JK atas keputusan yang tegas, tepat, dan mengakar pada tradisi tata pemerintahan yang baik dan konstitusional," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10).

Menurut Hasto, PDIP sangat memahami mengapa JK berulang kali menyatakan menolak Perppu revisi UU KPK. "Ketegasan Pak JK di dalam menolak Perppu didukung oleh PDIP," ujar Hasto.

PDIP memuji Wapres yang sangat memahami konstruksi hukum nasional dimana KPK merupakan bagian dari kekuasaan eksekutif dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Hasto menambahkan, mekanisme konstitusional telah tersedia melalui Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga uji materi adalah jalan terbaik.

Sekjen PDIP itu meminta pihak yang mendorong lahirnya Perppu hendaknya memahami soal konsolidasi ideologi, politik, dan hukum wajib dilakukan guna mendukung efektivitas pemerintahan Presiden Jokowi.

Ia meminta pengusul Perppu KPK menggugat ke MK agar sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Menurutnya, revisi UU KPK telah disepakati bulat oleh DPR bersama pemerintah.

"Atas dasar hal tersebut, Perppu bukanlah opsi politik," Hasto menegaskan.

Sebelumnya, Wapres JK menyatakan menolak Perppu KPK. Ia menyarankan agar ditempuh jalan konstitusional yaitu judicial review di MK. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top