Wajah Baru DPR Ini Desak Jokowi Percepat Pemindahan Ibukota

publicanews - berita politik & hukumAnggota DPR dari Fraksi Demokrat H Irwan saat melakukan kampanye. (Foto: lintasparlemen.com)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemerintah sedang mematangkan rencana pemindahan ibukota Jakarta ke Kutai Kartanegara. Anggota DPR dari Fraksi Demokrat H Irwan meminta proses pemindahan dilakukan lebih cepat dengan alasan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalimantan Timur.

"Saya sampaikan sebagai legislator akan melawan jika ada kawan-kawan legislator lain yang akan menggagalkan pemindahan Ibu Kota," kata Irwan kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/10).

Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur ini ingin mensejahterakan masyarakat di tanah kelahirannya itu. "Coba lihat pertumbuhan ekonomi Kaltim cukup rendah, tapi Produk Domestik Bruto (PDB) cukup tinggi," ujarnya.

Menurutnya, pemilihan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kukar tepat lantaran bakal menggerakan roda ekonomi kedua wilayah itu yang selama ini masih mengandalkan sektor industri rumahan.

"Jika Ibu Kota pindah maka saya yakin pertumbuhan ekonomi di Kaltim juga akan meningkat," ia menambahkan.

Selain itu, kata Irwan, pemindahan ibukota akan berdampak pada dua hal, yakni peningkatan sumber daya manusia dan infraksrtuktur yang nantinya harus terintegrasi dengan daerah sekitarnya.

"Diharapkan perkembangan percepatan infrastruktur ini bisa mempercepat pertumbuhan sektor pertanian dan industri untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi," ia menjelaskan.

Presiden Jokowi telah mengumumkan pemindahan ibukota dilakukan secara bertahap hingga 2024. Ia menegaskan, pembangunan ibukota baru bukan satu-satunya upaya pemerintah untuk mengurangi kesenjangan di Pulau Jawa dan luar Jawa.

"Karena selain itu, pemerintah akan membagun industrialisasi berbasis hilirisasi SDA," kata Jokowi beberapa waktu lalu. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top