Gara-gara Danai Demo Mahasiswa, Ananda Badudu Ditangkap

publicanews - berita politik & hukumAnanda Badudu. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Aktivis Ananda Badudu ditangkap polisi pada Jumat (27/9) subuh atas tudingan mendanai aksi mahasiswa. Cucu ahli bahasa JS Badudu itu kemudian dilepas sekitar pukul 10.00 WIB.

"Saksi diklarifikasi hari ini. Selesai diperiksa dipulangkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Ananda adalah vokalis duo Banda Neira, ia pernah menjadi wartawan Majalah Mingguan Tempo. Sesaat setelah meninggalkan Gedung Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, Ananda tampak menahan tangis melihat nasib mahasiswa di tangan polisi. Ia mengatakan pembebasan dirinya merupakan privilege untuk bisa segera dibebaskan.

"Tapi di dalam saya lihat banyak sekali mahasiswa yang diproses tanpa pendampingan, diproses dengan cara-cara tidak etis. Mereka butuh pertolongan lebih dari saya," kata Ananda yang didampingi Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid.

Twitter resmi @LBHMasyarakat menyebutkan Ananda sebagai saksi dan tidak ditetapkan sebagai tersangka.

Kasus bermula dari ajakan Ananda kepada warganet untuk menyumbang mahasiswa yang melakukan aksi memperjuangkan pembatalan UU KPK dan RKUHP. Ia meloakukannya melalui platform kitabisa.com

Ia memulai penggalangan dana pada Minggu (22/9). Ternyata dana terkumpul mencapai Rp 175 juta selama empat hari. Uang kemudian dikirimkan kepada mahasiswa, sebagian untuk menyewa 20 ambulans beserta tenaga medis, serta membeli konsumsi.

Polisi menemput Ananda dari rumah kos di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan, setelah mendapati bukti transfer Rp 10 juta untuk aksi demo. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top