Saut Situmorang Ungkap Alasannya Tidak Jadi Mundur

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengungkapkan alasannya tidak jadi mundur dari komisioner KPK. Ia mengatakan dorongan dari Ketua KPK Agus Rahardjo bahwa masih banyak tugas yang mereka harus tuntaskan.

"Boleh bicara jujur gak? Saya cinta Pak Agus. Dia bilang, dia lihat kita ini saling mencintai juga. Karena kita saling mencintai maka kita balik lagi," ujar Saut di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (25/9).

Sewaktu tugas di Yogyakarta, banyak yang bertanya soal kabar pengunduran dirinya. Bahkan, Saut menambahkan, tiga komisioner KPK lainnya berencana menemuinya di rumah usai pulang dari sana. Namun, hal tersebut akhirnya urung dilakukan.

"Saya setelah pulang ke rumah bayangin Pak Agus, Pak Laode, Bu Basaria itu datang ke rumah," kata Saut yang telah menyerahkan surat pengunduran diri sebelum DPR mengesahkan revisi UU KPK.

Tapi, ujar Saut, ada peraturan komisioner KPK tidak boleh bertemu di rumah. Agus Rahardjo kemudian mengontaknya mengajak bertemu di warung pecel di depan Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Saya datang ke sana, 'Please Pak Saut jangan mundur dulu, kita masih punya kerjaan besar'. Ibu Basaria bilang, 'Saya masih cinta kamu'. Dia bilang gitu," Saut menuturkan.

Soal alasan pengunduran dirinya, Saut mengatakan setelah DPR memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023. Ia juga merasa sudah cukup 4 tahun di KPK.

"Sebenarnya bukan hanya di sisi yang disebut orang di undang-undang itu dan terpilihnya seseorang. Kita enggak bisa dong (intervensi) itu kan haknya Pansel. Itu banyak, banyak, banyak pertimbang," Saut menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top