DPR Surati Presiden Agar Lantik Pimpinan Baru KPK

publicanews - berita politik & hukumKapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - DPR agaknya ingin segera kilat menyelesaikan urusan KPK. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, DPR berencana menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mempercepat pelantikan pimpinan KPK yang baru.

Padahal, masa bakti Agus Rahardjo dan kawan-kawan baru akan selesai pada Desember 2019.

"Kita surati presiden, tunggu perkembangan. Tapi, menurut saya, di situ empat orang sudah bisa dilantik. Tinggal satu saja tidak," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Senin (16/9).

Usulan segera melantik komisioner KPK baru menyusul pengunduran diri Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan penyerahan mandat kepada presiden yang disampaikan Ketua Agus Rahardjo dan Wakil Ketua Laode M Syraif Jumat pekan lalu.

Fahri menambahkan, pimpinan KPK saat ini tinggal Wakil Ketua Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata yang terpilih kembali sebagai komisioner 2019-2023.

"Sebagian teman-teman ada yang berpandangan ya sudah lantik saja langsung, terutama yang tiga sebagai pengganti, gitu loh, karena Pak Alex sudah ada di situ kan. Berarti sisanya tinggal satu yang tidak dilantik, menunggu Ibu Basaria," bekas politikus PKS itu menjelaskan.

Jika presiden melantik pimpinan baru, kata Fahri, tidak ada pelanggaran undang-undag. Ia menyebut secara definitif tiga pimpinan KPK telah bekerja empat tahun.

"Undang-undang mengatakan (jabatan pimpinan KPK) empat tahun," ujarnya. Fahri menyebutkan pimpinan KPK menjabat 2015 hingga 2019 meski tanggal pelantikan pejabat lama pada 21 Desember 2015.

Hari ini, DPR berencana menetapkan lima pimpinan baru KPK periode 2019-2023. Mereka adalah Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri yang akan menjabat sebagai Ketua KPK. Firli akan didampingi empat wakil yaitu Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top