Agus Rahardjo cs Kembalikan Mandat pada Presiden

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Pimpinan KPK memutuskan mengembalikan mandat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Para komisioner sebagai penanggung jawab tertinggi menyerahkan tanggung jawab pengelolaan lembaga antirasuah kepada Jokowi.

"Setelah kami pertimbangkan maka kami pimpinan yang merupakan penanggung jawab KPK dengan berat hati pada Jumat, 13 September 2019, kami menyerahkan pengelolaan KPK kepada Presiden. Kami tunggu perintah," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di pelataran Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/9) malam.

Agus mengatakan keputusan ini diambil terkait dengan revisi Undang-undang KPK yang dikhawatirkan dapat melemahkan KPK. Agus menyebut bahkan KPK tidak dilibatkan hingga tidak mengetahui apa isi draft RUU tersebut.

"Mudah-mudah kami diajak bicara bapak Presiden untuk menjelaskan kegelisahan seluruh pegawai kami. Dan juga isu-isu yang sampai hari ini kami tidak bisa menjawab. Semoga bapak Presiden segera mengambil langkah-langkah untuk penyelamatan," ujar Agus.

Dengan penyerahan mandat ini, ia menambahkan, para komisioner menunggu jawaban Presiden Jokowi, termasuk mengenai sisa masa tugas pimpinan KPK jilid IV yang baru berakhir Desember mendatang.

"Kami menunggu perintah apakah kemudian kami masih akan dipercaya sampai Desember. Kami menunggu perintah itu. Apakah tetap operasional seperti biasa, terus terang kami menunggu perintah itu," Agus menandaskan.

Dalam keterangan pers ini Agus didampingi dua Wakil Ketua KPK, yakni Laode M Syarif dan Saut Situmorang. Tidak terlihat Alexander Marwata yang lolos kembali dalam tes untuk jadi pimpinan KPK jilid V dan Basaria Panjaitan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top