Capim KPK Firli Bahuri Sedih KPK Banyak OTT

publicanews - berita politik & hukumCapim KPK Irjen Pol Firli Bahuri dalam fit and proper test di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/9). (Foto: Publicanews/Bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Capim KPK Irjen Pol Firli Bahuri memaparkan banyak program yang akan mengubah imej KPK. Salah satunya soal operasi tangkap tangan (OTT) yang langganan dilakukan KPK.

Ia prihatin dengan banyak orang tertangkap, termasuk kepala daerah, sehingga merugikan rakyatnya.

"Mohon maaf, karena OTT banyak sekali. Saya sedih melihatnya Pak. Berarti ada sesuatu yang harus kita kerjakan," kata Firli dalam fit and proper test di ruang Komisi III DPR, Jakarta, Kamis (12/9).

Menurut Kapolda Sumatera Selatan itu, banyak operasi senyap KPK sebagai pertanda ada yang salah dalam sistem yang diterapkan lembaga antirasuah dalam menangani tindak pidana korupsi.

Apabila tindak pidana korupsi terjadi karena sistem yang salah, solusinya, kata Firli, sistem akan diperbaiki. "Kita tahu, gagal sistem bisa ada, buruk sistem bisa ada, makanya kita lakukan perbaikan sistem," ia menjelaskan.

Selain itu Firli telah menyiapkan beberapa program andalan jika terpilih menjadi pimpinan KPK. Di antaranya pembangunan sumber daya manusia KPK, pembangunan sistem mitigasi, penguatan pemulihan aset negara, dan penguatan kerja sama antarlembaga negara.

Ia menegaskan tujuan penegakan hukum terhadap korupsi tidak hanya menghukum seseorang, tidak hanya memasukkan seseorang dalam penjara. "Tapi yang paling penting adalah bagaimana kita bisa mengurangi kerugian negara," ujar Firli. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top