Agus dan Alex KPK Berbantah Soal Konpers Pelanggaran Firli

publicanews - berita politik & hukumAgys Rahardjo (tengah) dan Alexander Marwata (ujung kanan) bersama tiga pimpinan KPK lainnya. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketegangan muncul diantara pimpinan KPK menyusul pernyataan Wakil Ketua Alexander Marwata saat menjawab pertanyaan DPR. Alex tengah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan untuk menjadi komisioner KPK lagi.

Menurut Alex, konferensi pers Komisioner Saut Situmorang tentang pelanggaran etik eks Deputi Penindakan KPK Fikri Bahari, kemarin sore, atas inisiatif sendiri.

Ketua KPK Agus Rahardjo menyanggah Alex. Ia menegaskan konpers tersebut diketahui mayoritas pimpinan KPK. Meski demikian ia tidak memungkiri adanya proses dinamika.

"Saya ingin mengklarifikasi, pak Saut melakukan konpers itu adalah persetujuan mayoritas pimpinan, memang dalam prosesnya ada dinamika," ujar Agus saat menggelar konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Agus mengatakan, persetujuan pimpinan lainnya telah dikomunikasikan melalui pesan singkat WhatsApp. Jadi, apa yang dilakukan Saut bukan atas inisiatif sendiri.

"Jadi, sekali lagi, bukan pak Saut berjalan sendirian, tapi atas otoritas pimpinan," Agus menambahkan.

Dalam konferensi pers itu, Saut bersama Penasihat KPK Tsani Annafari menyampaikan bahwa Firli melakukan pelanggaran kode etik berat. Perihal itu sempat menjadi pertanyaan Komisi III DPR dalam uji kelayakan dan kepatutan capim KPK lantaran Firli termasuk salah satu calon.

"Artinya press conference itu tidak diketahui oleh seluruh pimpinan. Pak Agus ada di Jogja. Saya dan Bu Basaria sebenarnya di kantor. Tapi, ya itu yang terjadi..." ujar Alex di hadapan Komisi III DPR, siang tadi.

Saling berbantah di antara pimpinan KPK periode ini belum pernah terjadi. Setidaknya di muka publik. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top