Dibuka Kepala BIN, Jokowi Janjikan Bangun Istana di Papua

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan 61 tokoh Papua dan Paua Barat di di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengabulkan permintaan warga Papua untuk membangun Istana Presiden di Bumi Cendrawasih. Pernyataan Jokowi ini disampaikan dalam pertemuan dengan 61 tokoh asal Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9).

"Ya, mulai tahun depan Istananya mulai dibangun," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan dari perwakilan dua provinsi di Indonesia timur itu. Sebelum menyatakan pembangunan istana itu, Jokowi sempat berbisik dengan Menko Polhukam Wiranto. Jokowi kemudian mengatakan ia harus koordinasi soal pembiayaan.

Permintaan membangun istana di Papua itu disampaikan Ketua Rombongan Tokoh-tokoh Papua Abisai Rollo. Abisia menjanjikan menyiapkan tanah seluas 10 hektar untuk lahan istana tersebut.

"Kalau Bapak Presiden dengan memindahkan Istana ke Kalimantan, saya juga meminta dengan hormat agar membangun Istana Presiden di Papua," kata Abisai yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura itu.

Menurut Abisai, adanya istana itu membuat presiden tidak sekadar berkunjung melainkan bisa berkator di Papua.

Dalam kesempatan itu perwakilan Papua dan Papua Barat mengajukan 10 permintaan. Selain membangun istana di Papua, permintaan lainnya adalah penerimaan 1000 lulusan sarjana Papua di BUMN, pemekaran wilayah, penyebaran PNS Papua ke berbagai daerah di Indonesia, dan pembentukan badan nasional urusan Papua.

Acara pertemuan dibuka oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Ia mengatakan, ini merupakan pertemuan resmi pertama pasca kerusuhan Papua.

"Hadir 61 tokoh, semula 64 namun tiga sakit. Satu izin masih di pedalaman," ujar mantan Wakapolri tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan ini Mensesneg Pratikno dan Menlu Retno LP Marsudi. Semua tokoh Papua dan menteri yang hadir mengenakan topi adat Papua dengan hiasan burung cendrawasih. Jokowi, seperti biasa, mengenakan kemeja putih. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top