Desmond Ungkap Pernah Dilobi Saut Situmorang

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Foto: Viva)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang pernah melobi Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa sebelum seleksi pimpinan KPK, lima tahun lalu.

"Saut (Situmorang) lobi saya. Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga nggak deal. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Tanya Saut," kata Desmond di Gedung DPR RI, Senin (9/9).

Namun, menurut aktivis '98 ini, lobi merupakan hal biasa terjadi dalam tiap proses seleksi. "Minta tolong sama saya, saya tolong-tolong saja," politisi Partai Gerindra itu menjelaskan.

Menurutnya, lobi menjadi salah jika ada pernjanjian tertentu. "Lobi-lobi dalam rangka silaturahmi rnggak masalah. Lobi yang ada deal-nya ada masalah. Pengalaman hari ini, yang lobi yang ada deal-nya pun tipu-tipu," katanya.

Tipu-tipu yang dimaksud Desmond adalah saat seleksi capim dan uji kelayakan dan kepatutan mengkritik keras kinerja KPK, tetapi setalah terpilih tidak mengubahnya dan tidak ada perubahan di lembaga antirasuah itu. "Ini kan suatu kebohongan sejak awal. Jadi ini lucu-lucuan saja jadinya," ujarnya.

Hari ini Komisi III DPR menggelar dengar pendapat umum (RDPU) dengan Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK. DPR meminta penjelasan soal hasil seleksi capim KPK periode 2019-2023. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top