Setuju Revisi, PDIP Beralasan Ada Penyalahgunaan KPK di Masa Lalu

publicanews - berita politik & hukumSekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - PDIP mendukung revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi. Sekjen Hasto Kristiyanto mengatakan, dukungan partainya itu karena pada masa lalu ada berbagai kelemahan dalam wujud penyalahgunaan kekuasaan KPK.

Dalam keterangan tertulisnya, Hasto menjelaskan, ada berbagai bentuk kepentingan politik yang mewarnai keputusan yang diambil KPK. Pada saat bersamaan ada kasus-kasus yang tidak dilanjutkan.

"Jadi, revisi ini semuanya dalam semangat untuk perbaikan," kata Hasto, Jumat (6/9).

Revisi tersebut, ia menambahkan, dimaksudkan agar fungsi pengawasan semakin diperkuat dan mengedepankan pencegahan tindak korupsi.

Hasto juga merujuk pernyataan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pada 16 Agustus lalu. "Ada juga spirit untuk meningkatkan sinergitas antarlembaga penegak hukum, tapi sekaligus untuk memperbaiki," ujar politisi yang pernah berseteru dengan Abrahim Samad saat masih Ketua KPK itu.

Ia melihat semua fraksi di DPR sepakat melakukan revisi menunjukkan ada desakan untuk melakukan perubahan dalam upaya pemberantasan korupsi.

Pada rapat Paripurna DPR, Kamis (5/9), seluruh fraksi menyetujui usulan revisi UU KPK yang diusulkan Badan Legislasi DPR menjadu RUU usulan inisiatif parlemen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top