30 Tersangka Kerusuhan Papua Miliki Peran Berbeda-beda

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Kepolisian akhirnya menetapkan 30 orang tersangka dalam kasus kerusuhan yang terjadi di Jayapura, Papua, pada Kamis (29/8). Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, para tersangka memiliki peran berbeda-beda dalam kasus tersebut.

“Perusuh tersebut melakukan tindakan kerusuhan, pembakaran, penganiayaan, perampokan sehingga meresahkan masyarakat setempat," ujar Dedi di Jakarta, Sabtu (31/8).

Rinciannya adalah 17 orang melakukan perusakan terhadap barang atau orang yang diatur dalam pasal 170 ayat (1) KUHP. Kemudian 7 orang melakukan pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 KUHP.

Selanjutnya 1 orang dijerat pidana pembakaran dan melanggar Pasal 187 KUHP. Terakhir, 3 orang melakukan tindak pidana menghasut di muka umum supaya melakukan sesuatu perbuatan dan melanggar Pasal 160 KUHP.

Polisi telah menyita sejumlah barang bukti. Para tersangka merampas barang tersebut dari beberapa fasilitas umum, seperti pertokoan hingga kantor Gubernur Papua, yang sempat diduduki dari Kamis (29/8) hingga Jumat (30/8) pagi.

"Barbuk (barang bukti) yang disita pisau, sajam (senjata tajam), ada laptop, kemudian ada motor dan mobil yang rusak, sembako, dan alat musik,” kata Dedi. (Han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top