Dua Kabupaten di Kaltim Ini Berpeluang Jadi Ibukota Indonesia

publicanews - berita politik & hukumGagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu kota Negara. (Foto: Dok: PUPR)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan Kalimantan sebagai Ibukota Indonesia baru. Secara spesifik, Kalimantan Timur sebagai provinsi lokasi pengganti DKI Jakarta sebagai jantung pemerintahan mendatang.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil yang membocirkan pilihan Kaltim belum nerinci lokasinya secara khusus. "Sudah di Kalimantan Timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum," kata Sofyan Djalil, Kamis (21/8) kemarin.

Pemerintah, Sofyan menambahkan, akan mengumumkan jika sudah ada keputusan setelah dilakukan kajian akhir.

Ada dua kabupaten di Kaltim yang dijagokan, yaitu Kecamatan Samboja di Kabupaten Kutai Kertanegara dan wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Posisi kedua kabupaten berada di pesisir Selat Makassar dan memiliki jarak tempuh yang tak terlalu jauh menuju ibu kota provinsi dan juga Kota Balikpapan, yang selama ini merupakan kota maju di Kalimantan.

Samboja hanya berjarak tempuh 2 jam dari Balikpapan. Wilayah itu pernah menjadi pembicaraan pada 2016 karena salah satu desanya menjadi tempat bermukim anggota organisasi Gafatar

Kecamatan Samboja memiliki luas wilayah 1.163 kilometer persegi dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 54,36 jiwa per kilometer persegi.

Sementara Kabupaten Penajam Paser Utara disebutkan memiliki beberapa keunggulan, selain luas yang memadai, juga struktur tanahnya lebih padat.

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dan Pelabuhan Semayang. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top