Mendagri Imbau Tiga Gubernur Bertemu Untuk Redakan Situasi Papua

publicanews - berita politik & hukumMendagri Tjahjo Kumolo.(Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo mengimbau tiga kepala daerah bertemu untuk meredakan tensi situasi keamanan di Papua. Ketika kepala daerah tersebut adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Terlebih, menurut Tjahjo, Khofifah juga telah menyampaikan permintaan maaf pasca insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya.

"Kalau suasana sudah mereda, segeralah Gubernur Papua bersama Gubernur Papua Barat datang ke Jawa Timur bertemu dengan ibu Khofifah yang kemarin juga sudah menyampaikan permohonan maaf, walaupun itu tidak atas nama warga Jatim untuk bisa berdialog dengan gubernur," kata Tjahjo di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/8).

Pada saat bersamaan, ujar Tjahjo, perlu dibangun dialog dengan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya. Hal ini untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Saya kira ini masalah kita bersama, tanggung jawab bersama, mari kita selesaikan, duduk bersama dengan pikiran yang dingin dengan hati yang jernih untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI yang utuh," ujar Tjahjo.

Diketahui, kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat dipicu oleh penyerangan dan pengepungan hingga tindakan yang dinilai rasialis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang pada akhir pekan lalu. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top