Kaltim Ditetapkan Jadi Ibukota, Ini 8 Keunggulannya

publicanews - berita politik & hukumRancangan ibukota Indonesia di Kalimantan Timur (Foto: istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan Kalimantan Timur sebagai ibukota pengganti Jakarta. Hal itu disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Kamis (22/8).

Namun, Sofyan belum menjelaskan kota mana yang dipilih. la hanya menyinggung kebutuhan lahan yang dipersiapkan.

"Lahan seluas 3 ribu hektar telah disiapkan untuk pembangunan tahap pertama," kata Sofyan. Ia menyebutkan luas keseluruhan yan disiapkan 200 hingga 300 ribu hektare.

Berdasarkan dokumen rencana pemindahan ibu kota Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), ada delapan keunggulan Kaltim sehingga bisa dipilih sebagai lokasi ibukota baru.

Pertama, Kaltim dekat dengan dua bandar udara (bandara) besar di Balikpapan, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman dan Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda.

Kedua, Kaltim dekat dengan akses jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan panjang 99,35 kilometer. Ketiga, dekat Pelabuhan Semayang Balikpapan. Keempat, memiliki infrastruktur jaringan energi dan air bersih.

Kelima, Kaltim memiliki struktur demografi heterogen. Maksudnya, sebagian besar penduduk Kaltim merupakan pendatang, sehingga dapat lebih mudah menerima hal-hal baru atau juga bertemu dengan pendatang-pendatang baru lainnya. Perlu diketahui, dengan pemindahan ibu kota ke Kaltim maka sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta juga turut pindah ke Kaltim.

Keenam, lokasi delineasi Kaltim dilewati Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II di sekitar Selat Makassar. Keunggulan tersebut membuat Kaltim bebas dari bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran hutan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. de'fara @shahiaFM22 Agustus 2019 | 19:43:47

    Syukur kl sdh ditetapkan. Tinggal segera merealisasikan dan berfungsi sbg mana tujuan.

Back to Top