KPK Lantik 18 Penyidik dan 7 JPU Baru

publicanews - berita politik & hukumPelantikan 18 penyidik dan 7 JPU baru secara tertutup pada Senin (19/8) pagi di Gedung KPK, Jakarta. (Foto: Humas KPK)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi melantik 18 penyidik dan 7 Jaksa Penuntut Umum (JPU) baru. Dengan penambahan ini, kekuatan sumber daya manusia KPK menjadi 135 orang penyidik dan 83 orang JPU.

Mereka dilantik oleh Wakil ketua KPK Basaria Pandjaitan, disaksikan oleh empat komisioner KPK lainnya dan jajaran struktural di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Senin (19/8).

Basaria mengingatkan para penyidik dan jaksa baru untuk menjunjung tinggi integritas dan meninggalkan kebiasaan yang tidak baik di instansi sebelumnya. "Jangan sampai ada di antara adik-adik yang meminta apapun dari siapapun," ujar Basaria melalui keterangan tertulis, Senin (19/8).

Sementara itu Jubir KPK Febri Diansyah menambahkan, penyidik dan jaksa tersebut secara resmi bergabung sebagai pegawai KPK per 1 Agustus 2019. Mereka telah menyelesaikan program induksi pegawai baru terhitung 1-15 Agustus 2019 di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta.

Materi pelatihan diharapkan akan digunakan saat bertugas nanti, mulai dari aspek integritas KPK, hukum pemberantasan korupsi, Tindak Pidana Pencucian Uang, UU Nomor 28 Tahun 1999, Hukum Acara Pidana, akuntansi dan audit. Kemudian soal modus operandi dan pembuktian, tindak pidana korporasi, wawancara investigasi, dan hal-hal lain.

"KPK berharap penambahan tenaga di bidang Penindakan ini akan membantu dan memperkuat kerja KPK ke depan dalam menangani kasus-kasus korupsi yang ada," ujar Febri.

Dengan dilantiknya 18 orang penyidik baru, maka saat ini komposisi Penyidik KPK adalah:
- Pegawai Tetap KPK: 63 orang
- Pegawai Negeri yang Dipekerjakan (PNYD) dari Polri: 68 orang
- PNYD dari BPKP: 2 orang
- PPNS 2 orang. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top