KPK Belum Dilibatkan Menyisir Rekam Jejak Calon Menteri

publicanews - berita politik & hukumKetua KPK Agus Rahardjo. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK belum dilibatkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menelusuri rekam jejak calon menteri kabinet 2019-2024. Presiden sendiri menyatakan sudah mengantongi nama 34 calon menteri dan tinggal mengumumkannya.

"Kami, hari ini, belum menerima permintaan itu," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (17/8).

Padahal, menurut Agus, rekam jejak penting untuk membantu memudahkan Jokowi dalam memilih menteri yang berintegritas. "Jangan sampai seperti pengalaman yang lalu-lalu, jadi menteri nanti ada masalah dengan integritasnya," Agus menambahkan.

Diketahui pada kabinet kerja, Menteri Sosial Idrus Marham terseret pusaran kasus rasuah. Idrus harus menanggalkan jabatannya karena menjadi tersangka kasus suap proyek PLTU Mulut Tambang Riau-1.

Selain Idrus, tiga menteri Jokowi lainnya juga pernah dipanggil KPK untuk dimintai keterangan dalam sejumlah perkara yang tengah ditangani KPK. Mereka adalah Menpora Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

"Oleh karena itu sebetulnya penting sekali memilih seorang menteri yang punya track record. Jadi saya harapkan kalaupun dari partai itu ditelusuri track record-nya," Agus mengingatkan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top