Jacob Oetama hingga Novelis 'Kampus Biru' Raih Penghargaan Achmad Bakrie

publicanews - berita politik & hukumEmpat Tokoh menerima penghargaan Achmad Bakrie hadir dalam konferensi pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (14/8) petang. (Foto: Publicanews/Edi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Yayasan Achmad Bakrie memberikan penghargaan kepada empat tokoh inspirasional yang telah berjasa pada bangsa. Anugerah tahun ke-17 ini sekaligus memperingati 77 tahun Kelompok Usaha Bakrie.

Kempat penerima penghargaan berturut-turut yaitu Jacob Oetama sebagai tokoh jurnalisme yang berhasil membangun media pencerah Kompas.

Kemudian Anna Alisyahbana di bidang kedokteran yang penuh dedikasi memerbaiki kualitas anak Indonesia. Selanjutnya, Anawati sebagai penerima penghargaan di bidang sains. Ia terjun langsung ke pedalaman untuk meningkatkan kualitas air di tanah kerontang di Sumbawa.

Terakhir adalah novelis Ashadi Siregar di bidang Sastra Populer yang menghasilkan banyak novel realitas seperti Cintaku di Kampus Biru, yang sangat populer di era 1972.

Ketua penyelenggara Penghargaan Achmad Bakrie, Ardiasnyah Bakrie, mengatakan bahwa penghargaan telah diberikan selama 17 tahun tanpa henti. Hingga saat ini award telah diberikan kepada 76 penerima yang terdiri dari 71 individu dan 4 lembaga.

"Semoga penghargaan ini memotivasi anak bangsa menghasilkan karya terbaik bagi masyarakat," ujar Ardi dalam konferensi pers di XXI Ballroom, Gedung Djakarta Theater, Jalan Thamrin, Jakarta, Rabu (14/8) malam.

Sementara itu, Ketua Freedom Institute Rizal Mallarangeng yang melakukan penjurian mengatakan, pada tahun ini terpilih dua wakil bidang sains (kedokteran dan fisika) serta dua dari sosial (jurnalisme dan sastra).

"Tanpa bermaksud membedakan gender, kebetulan tahun ini diwakili dua putra-putri terbaik," kata Celi, panggilan akrab politikus Golkar itu.

Sedangkan Jacob Oetama yang diwakili Ricard Bagun mengatakan penghargaan ini sangat bernilai di tengah krisis penghargaan dan ujaran kebencian lebih hebat dari kebijakan.

"Keluarga Bakrie memberikan lilin yang bisa menerangi kita," ujar pria yang pernah menjabat Pemimpin Redaksi Kompas itu.

Pada malam penganugerahan ini, ditampilkan acara dengan balutan motif batik khas Nusantara, yaitu Truntum dan Megamendung. Tampil menghibur undangan di acara yang akan tayang di tvOne pada malam 17 Agustus nanti itu, antara lain, Rio Febrian, Regina Ivanova, dan lainnya. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top