Jokowi Sebut Nama 34 Menteri Sudah Final, Segera Diumumkan

publicanews - berita politik & hukumPresiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan, susunan Kabinet Indonesia Kerja jilid dua telah final. Presiden periode 2019-2024 ini menegaskan tidak perlu menunggu Oktober untuk mengumumkannya.

"Kabinet bisa diumumkan kapan saja, enggak perlu nunggu Oktober," ujar Jokowi dalam pertemuan dengan Dewan Pemimpin Redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Mengenai komposisinya, Jokowi mengisyaratkan merupakan kombinasi kalangan profesional dan parpol. "Komposisi 45 parpol, 55 profesional," katanya.

Ia juga membocorkan bahwa akan ada menteri yang berusia muda. "Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi.

Nama-nama menteri sudah ia sampaikan kepada para ketua umum partai politik pengusungnya dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK). "Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," katanya.

Kabinet mendatang tetap berisi 34 personel. Ada kemungkinan kementerian baru sebagai gabungan dari kementerian sebelumnya, di samping itu ada kementerian baru.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan salah satu kementerian baru. "Kementerian Investasi akan konsentrasi di digital dan kreatif," Jokowi menjelaskan.

Untuk Kementerian Luar Negeri, Jokowi akan menambah tidak sebatas diplomasi politik, melainkan juga melakukan negosiasi ekonomi.

Para menteri diharapkan bekerja cepat serta fokus dan terukur. Jokowi tak segan akan melakukan reshuffle bila tidak memenuhi target. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top