Try Sutrisno Meminta Presiden Kembali Dipilih MPR

publicanews - berita politik & hukumMantan Wakil Presiden Try Sutrisno, dalam satu kesempatan di Gedung Parlemen, Jakarta. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno mengharapkan presiden dan wakil presiden dipilih kembali oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Hal itu selaras dengan sila keempat Pancasila dalam demokrasi di Indonesia.

"Jangan meniru liberal. Habisin duit saja," kata mantan Panglima ABRI itu dalam acara dialog kebangsaan bertajuk 'Pancasila Perekat Kita, Satu Nusa Satu Bangsa' di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini menjelaskan sistem kenegaraan di Indonesia pada intinya adalah MPR, DPR, Utusan Daerah, dan Utusan Golongan. Ia menilai tidak aada Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Kalau negara serikat, ada negara bagian ada dewan perwakilan daerah. Kalau kita, enggak ada itu. Yang benar utusan daerah. Kembali lagi MPR lembaga tertinggi isinya DPR, Utusan Daerah, Utusan Golongan," ia menegaskan.

Karena itu, sejak awal ia menyerukan agar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dikaji ulang. Amandemen yang sudah terjadi empat kali, ia menambahkan, merupakan hal yang keliru dan melenceng dari ide awal.

Ia mendesak agar amandemen UUD 1945 dikaji ulang dan dikembalikan kepada yang asli. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top