Kompolnas Dukung Pemecatan Ipda Triadi Karena Nyambi Ojek

publicanews - berita politik & hukumIptu Triadi saat menjalani sidang etik. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Anggota Kompolnas Poengky Indarti mendukung penegakan disipilin yang dilakukan terhadap seorang anggota polisi Satuan Sabhara Polres Kendari Inspektur Dua (Ipda) Triadi. Perwira polisi itu dipecat karena mengojek alias jadi tukang ojek.

Poengky mengatakan, sanksi tersebut adalah hal yang wajar karena yang bersangkutan telah meninggalkan tugas tanpa izin. "Tentu saja pimpinan dan pengawas internal berwenang menjatuhkan sanksi," kata Poengky kepada wartawan, Senin (12/8).

Apa yang dilakukan Triadi, kata Poengky, bisa dibenarkan apabila dilakukan di luar jam dinas sebagai anggota kepolisian. "Prinsipnya adalah yang bersangkutan harus tetap melaksanakan tugas utamanya dengan sebaik-baiknya," ia menambahkan.

Triadi diputuskan diberhentikan tetap dengan tidak hormat (PTDH) dalam sidang yang dipimpin Kabidpropam Polda Sultra selaku ketua Sidang Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) AKBP Agoeng Adi Koerniawan, pekan lalu.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt mengatakan Ipda Triadi meninggalkan tugas dalam waktu 62 hari. Polda Sultra sendiri sebetulnya tak melarang anggotanya mengojek bila di luar jam dinas. Harry mengatakan sebenarnya Triadi sudah mengantongi gaji pokok, tunjangan dan remunerasi sebesar Rp 8 juta per bulan.

Dalam sidang Triadi mengakui menjadi tukag ojek dengan penghasilan antara Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per hari. Saat menjabat Wakapolsek Waworete Polres Kendari, Triadi meninggalkan tugas secara berturut-turut sejak 1 Agustus 2018 hingga 26 Agustus 2018. Hal itu masih diulang ketika dimutasi sebagai Pama Sat Sabhara Polres Kendari sejak 27 Agustus 2018 hingga 15 Oktober 2018.

Triadi terbukti melanggar Pasal 13 ayat (1) Jo pasal 14 ayat 1 huruf a PP RI No 1 Tahun 2003 dan Pasal 7 ayat 1 huruf e Perkap Nomor 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top