Komisi VI DPR Akui Pernah Bahas Impor Bawang

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Tim Satgas Penindakan KPK mengamankan 11 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) kasus impor bawang. Salah satu yang diamankan adalah orang kepercayaan anggota Komisi VI DPR. Sosok wakil rakyat yang diduga tersangkut masih disimpan rapat lembaga rasuah.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Inas Nasrullah Zubir mengaku sudah mendengar OTT pada Kamis dini hari itu. "Iya, tapi siapa ya (orangnya)," kata politikus Partai Hanura ini di Jakarta, Kamis (8/8).

Inas mengatakan DPR pernah melakukan pembahasan soal impor bawang, tetapi sudah lama. "Kalau enggak salah tahun lalu ketika ramai diberitakan tentang impor bawang putih," Inas menjelaskan.

KPK Amankan Uang Rp 2 Miliar, Diduga Terkait Impor Bawang Putih

Menurutnya, pembahasan tersebut dilakukan dengan Menteri Perdagangan Engartiasto Lukita. Namun, DPR hanya sebatas fungsi legislasi, budgeting, dan pengawasan. Sedangkan kebijakan impor dilakukan oleh pemerintah.

"Izin impor adalah kewenangan Kemendag dan tidak perlu sepengetahuan DPR," Inas menjelaskan.

Diketahui KPK melakukan operasi senyap dengan mengamankan bukti transfer Rp 2 miliar. Ada unsur pengusaha swasta, supir, dan orang kepercayaan anggota DPR. Dari orang kepercayaan anggota dewan itu ditemukan sejumlah mata uang dollar Amerika Serikat. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top