Bareskrim Sudah Temukan Situs Penyebar Jual Beli Data Kependudukan

publicanews - berita politik & hukumKaropenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tim Direktorat Siber Bareskrim Polri telah mendeteksi akun pembuat konten jual beli data kependudukan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK). Akun tersebut yang pertama kali memviralkan perdagangan data kependudukan.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo belum memastikan apakah hanya nama situsnya yang sudah terlacak atau sekaligus identitas sang admin. "Saya enggak menyebutkan orang. Kita selalu praduga tidak bersalah," ujar Dedi di kantornya, Rabu (31/7).

Polisi belum melakukan langkah lebih lanjut karena masih menunggu laporan resmi dan bukti-bukti dari pihak Direktorat Dukcapil Kemendagri.

"Kita selalu berlandaskan pada fakta hukum. Biar jelas konstruksi hukum deliknya itu. Baru kita berani melakukan upaya-upaya," kata Dedi.

Kemarin Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil melaporkan dugaan jual beli data kependudukan di media sosial tersebut ke Bareskrim Polri. Mendagri Tjahjo Kumolo dalam konferensi pers di Kantor Ombudsman, menyakini ada oknum sengaja membuat resah masyarakat dengan mengakses data penduduk untuk kepentingan tertentu. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top