Baca Surat Prabowo, Amien Rais Setuju Rekonsiliasi Tanpa Bagi-bagi Kursi

publicanews - berita politik & hukumKetua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyampaikan pernyataan pers di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7) siang. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menerima sepucuk surat dari Prabowo Subianto yang baru sempat ia baca pada Senin (15/7) pagi ini. Pendukung Prabowo dalam Pilpres 2019 ini kemudian membacakan isi surat bertanggal 12 Juli tersebut.

Dalam suratnya, Ketua Umum Partai Gerindra menyampaikan rencana pertemuan dengan presiden terpilih Joko Widodo.

"Isinya 'Pak Amien kemungkinan 13 Juli, jadi esok harinya, akan ada pertemuan dengan Pak Jokowi. Bagi saya Pak Amien, kepentingan lebih besar, yaitu keutuhan bangsa, NKRI dan lain-lain. Itu lebih saya pentingkan'," kata Amien di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin siang.

Dalam surat itu, Prabowo juga menjanjikan akan bertemu dengan Amien dalam waktu dekat. "Dan paragraf yang kedua mengatakan 'setelah ini saya akan ketemu pak Pak Amien, bisa di Jakarta bisa terbang ke Jogja," Amien menambahkan.

Mantan Ketua MPR itu belum mengetahui kapan jadwal bertemu Prabowo. Namun ia setuju serbu persen jika pertemuan yang digelar keduanya itu tak ada sama sekali membahas soal bagi-bagi kursi. Ia setuju rekonsiliasi dalam arti demi keutuhan bangsa.

Ia berharap Prabowo tetap teguh menjadi oposisi. Amien menegaskan apa gunanya bertanding dalam Pilpres jika pada akhirnya hanya bagi-bagi kursi.

"Rekonsiliasi itu sangat lucu kalau dalam wujud bagi-bagi kursi, itu namanya bukan rekonsiliasi tetapi ya bagi-bagi kursi. Ada aibnya, ada negatifnya. Ternyata politisi itu enggak ada lagi kekuatan moral, enggak memegang disiplin partai," ia menambahkan.

Saat ini ia meminta semua pihak, khususnya Prabowo dan Sandi, untuk memberikan kesempatan pada Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bersama para menterinya lima tahun ke depan. "Kita awasi dan itulah imbas demokrasi," ujarnya. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top