Mendagri Belum Terima Draf Qanun Poligami Aceh

publicanews - berita politik & hukumMendagri Tjahjo Kumolo usai menghadiri upacara HUT ke-73 Bhayangkara di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7) pagi.(Foto: Publicanews/Bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo belum menerima usulan rancangan qanun atau peraturan daerah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam tentang poligami. Dalam rancangan itu disebutkan bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) boleh beristri lebih dari satu.

"Sampai saat ini belum (terima). Rancangan Perda selalu dikonsultasikan dengan Kemendagri," kata Tjahjo kepada wartawan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Konsultasi tersebut guna memastikan rancangan perda sudah sesuai dengan undang-undang dan tidak tumpang tindih.

Oleh karena itu Tjahjo tidak langsung menyetujui Perda Aceh tersebut. Ia mengkhawatirkan qanun poligami berpotensi berbenturan dengan Undang-Undang Pernikahan.

"Segera dikaji agar tidak bertentangan. Ada mekanisme tertentu," ia menjelaskan.

Pemda Aceh sudah menyerahkan draf perda mengenai keluarga, yang salah satunya mengatur tentang diperbolehkannya poligami bagi anggota DPRA. Ada syarat-syarat yang rinci sebelum seseorang dinyatakan sah untuk kawin lagi. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top