Koalisi Bersihkan Indonesia Soroti Pati Polri Daftar Capim KPK

publicanews - berita politik & hukumKoalisi Bersihkan Indonesia mengggelar aksi treaktrikal menyoroti sejumlah Pati Polri pelamar calon pimpinan KPK, di teras Gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/7). (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Sejumlah LSM yang mengatasnamakan diri Koalisi Bersihkan Indonesia menyoroti beberapa nama petinggi Polri yang ikut mendaftar calon pimpinan KPK periode 2019-2023. Dalam orasinya, Ketua YLBHI Siti Rahma Mary mengatakan, Koalisi khawatir masuknya pelamar dari unsur Polri hanya akan memperburuk sistem pemberantasan korupsi.

Siti menyebut kasus korupsi terkait pengolahan sumber daya alam (SDA) yang selama ini ditangani oleh polisi.

"Itu melibatkan unsur polisi sebagai aktor yang terlibat di dalam korupsi sumber daya alam dan lingkungan hidup. Karena itu kami kuatir ketika para polisi ini nanti menjadi pimpinan KPK akan melanggengkan korupsi SDA menjadi lebih buruk," ujar Siti di depan lobi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

Menurutnya, sejumlah kasus yang pernah ditangani polisi mandek di tengah jalan, tanpa ada kejelasan sama sekali. "Pengusutan kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh polisi itu tidak ada kemajuan sama sekali, dan justru polisi juga terlibat dalam semua proses korupsi itu," ia menambahkan.

Sebelum orasi, Koalisi Bersihkan Indonesia melakukan aksi teatrikal di teras Gedung KPK. Mereka menampilkan gambaran tikus selaku koruptor, yang tengah menggerogoti pohon di bawah pengamanan buaya. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top