Sudah 22 Kali Novanto Keluar Lapas Sukamiskin

publicanews - berita politik & hukumWarga memakai topeng kertas bergambar terpidana korupsi Setya Novanto saat menggelar aksi bertajuk 'Setya Novanto Pelesiran', di Solo, Jawa Tengah, Senin (17/6). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Bandung - Terpidana kasus korupsi proyek e-KTP Setya Novanto tercatat sudah 22 kali keluar Lapas Sukamiskin, Bandung, untuk kepentingan berobat. Mantan Ketua DPR itu menghuni lapas terpidana kasus korupsi sejak 4 Mei 2018.

Anggota tim dokter Kanwil Kemenkum HAM Jabar Mayrina, mengatakan Novanto memiliki riwayat sejumlah penyakit. Ia diketahui menderita jantung koroner, vertigo, saraf terjepit, dan diabetes melitus.

"Novanto kerap bolak-balik ke rumah sakit, baik di Jakarta maupun di Bandung," kata Mayrina di Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/6).

Berdasar catatatan, Novanto sudah 4 kali dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Ke RS Borromeus Bandung sebanyak tiga kali, ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung tiga kali. Kemudian ke Rumah Sakit Santosa, juga di Bandung, sebanyak 8 kali.

Tiba-tiba publik dibuat kaget dengan beredarnya foto Novanto bersama istrinya Deisti Astriani Tagor di sebuah toko bangunan di Padalarang, Jawa Barat.

Saat itu, Novanto baru meninggalkan RS Santosa setelah dirawat sejak 12 Juni 2019. Pada 14 Juni itu, ia seharusnya langsung ke Lapas Sukamiskin, tetapi mengelabui petugas dengan dalih membayar biaya rumah sakit.

Keluyuran Novanto itu membuat berang Kemenkum HAM. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu pun langsung diisolasi ke Rutan Gunung Sindur Bogor, yang diperuntukan bagi terpidana terorisme. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top