Setya Novanto Dipindah di Sel Teroris Biar Merenung dan Tobat

publicanews - berita politik & hukumSetya Novanto saat dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/6). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, pemindahan terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur agar bertobat. Rutan Gunung Sindur yang selama ini menampung narapidana tindak terorisme masuk kategori high risk, pengawasan super ketat dan dilengkapi CCTV di dalam sel yang berpenghuni satu orang itu.

"Ini kan pelanggaran disiplin, maka kami tempatkan sementara di situ untuk merenunginya. Memang di sana supermaksimum, seharusnya tidak di sana tetapi ya sudah lah," kata politikus PDIP itu di Graha Pengayoman, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (18/6).

Menurut Yasonna, kasus Novanto ini menjadi peringatan bagi penghuni sel lainnya terutama terpidana korupsi di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Ini juga memberikan pesan teman-teman yang di dalam saya kasih pesan ke mereka, well kamu harus playing by the rule at a wise," ujar Yasonna.

Bila terulang Novanto keluar lapas atau melakukan sesuatu yang tidak sesuai SOP (standard operating procedure), kata Madonna, bisa jadi ada desakan masyarakat agar para koruptor dipindahkan ke Nusakambangan.

"Nanti membuka kotak pandora mereka-mereka, entar rakyat bilang pindah saja semua ke Nusakambangan. Tapi bisa kejadian, tapi perlu uang lagi," ia menambahkan.

Novanto diketahui bersama istrinya berada di sebuah toko bahan bangunan di Padalarang, Jawa Barat, pada Jumat (14/6). Sebelumnya, Selasa (11/6) atas izin dokter mantan Ketua DPR itu menjalani rawat inap.

Namun, Novanto yang seharusnya kembali ke Lapas setelah 4 hari berobat di rumah sakit, memanfaatkannya untuk pelesiran. Petugas Lapas sempat mencari keberadaan mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Foto Novanto mengenakan masker untuk menutup wajah dan topi bersama istrinya Deisti Astriani Tagor kemudian viral di media sosial. Jumat malam itu juga, menggunakan mobil ambulan Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top