Bertemu Presiden, Pansel Akan Adakan Seleksi Capim KPK Live

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo menerima Pansel Pemilihan Calon Pimpinan KPK di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (17/6). (Foto: Setka.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyerahkan sepenuhnya kepada panitia pelaksana (pansel) soal calon pimpinan (capim) KPK Jilid V. Menurut Ketua Pansel Yenti Ganarsih, pimpinan KPK periode 2019-2023 adalah sosok yang memiliki kemampuan manajerial.

"Tadi kami diskusi dengan Bapak Presiden, bagaimana Indonesia ke depan dengan penekanan pada pencegahan dan pemberantasan korupsi terutama memperhatikan pembangunan ekonomi," kata Yenti seusai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/6).

Kemampuan manajerial tersebut diperlukan, ia menambahkan, karena eksternal maupun internal KPK saat ini perlu dibenahi.

"Kami di Pansel mencari komisioner yang menguasai teknik investigasi, tetapi juga membangun sistem yang baik, transparan, dan managerial skills yang sangat membantu," ujar dosen Universitas Trisakti, Jakarta, itu.

Yenti mengatakan, dalam seleksi capim KPK mendatang tim pansel akan melakukan wawancara secara live. "Tapi bukan Indonesia Idol lho ya," ujar Yenti yang mengudang tawa.

Doktor ahli tindak pidana pencucian uang itu menyebutkan wawancara yang disiarkan langsung itu diharapkan dapat menjaring capim KPK sesuai keinginan masyarakat, tidak hanya performance melainkan juga substansi.

Pendaftaran capim KPK dibuka pada 17 Juni hingga 4 Juli 2019. Peminat bisa datang langsung ke Sekretariat Pansel Calon Pimpinan KPK di Gedung I Kemensetneg lantai 2, Jalan Veteran 18 Jakarta Pusat 10110 atau melalui email panselkpk2019@setneg.go.id. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top