Politikus PPP Habil Marati Biayai Operasional Kivlan Zen

publicanews - berita politik & hukumHabil Marati (jas hijau) menjadi tersangka rencana pembunuhan empat tokoh. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Aparat Kepolisian membongkar peran politikus PPP Habil Marati (HM) dalam aksi rencana pembunuhan empat tokoh nasional dan Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Kasubdit I Dirtipidum Bareskrim Polri Kombes Daddy Hartadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, mengatakan Habil ditangkap pada Rabu (29/5) lalu.

"Tersangka HM berperan memberikan uang. Uang yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen) berasal dari HM, maksud dan tujuannya adalah untuk pembelian senjata api," kata Daddy, Selasa (11/6) sore.

Uang yang diserahkan kepada eks Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen sebesar 15 ribu dolar Singapura atau setara Rp 150 juta.

Dana operasional digunakan Kivlan untuk mencari eksekutor dan pembelian senjata api. Habil yang pernah menjadi anggota Komisi X DPR itu juga memberikan Rp 60 juta kepada tersangka HK alias Iwan untuk biaya operasional dan pembelian senjata api.

Habil tercatat pernah menjadi Ketua DPW Parmusi Sumut dan Penasihat PSSI Sumut (2002-2005). Jabatan sebagai Ketua DPP PPP mengantarkannya sebagai anggota MPR pada 1997-1999.

Direktur sejumlah perusahaan itu pernah menjabat manajer Timnas Sepakbola Indonesia pada Piala AFF 2012. Namun, sejak 2013 tidak lagi aktif di kepengurusan PSSI. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top