Aliansi Sipil Desak Rekonsiliasi Nasional

publicanews - berita politik & hukumEros Djarot dalam diskusi di Balai Sarwono, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (25/5) sore. (Foto: Publicanews/edi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemilu telah mengakibatkan polarisasi yang besar di antara masyarakat. Sudah saatnya bangsa Indonesia melakukan rekonsiliasi nasional.

Hal itu mengemuka dalam diskusi 'Aliansi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Koalisi Nasional,' yang berlangsung di Balai Sarwono, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (25/5) sore.

Budayawan Eros Djarot mengatakan terjadinya situasi politik yang seolah melahirkan perpecahan di antara anak bangsa karena sejak era reformasi belum pernah ada upaya rekonsiliasi nasional.

"Konsolidasi kekuatan nasional belum pernah sejak era reformasi. Untuk petingnya rekonsiliasi nasional," ujar Eros dalam paparannya

Dalam acara yang digelar Aliansi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Konstitusional itu Eros kembali mengingatkan semangat UUD 1945 yang ditinggalkan.

"Saat ini, sudah tidak ada lagi semangat musyawarah untuk mufakat sebagaimana digagas pendiri bangsa," kata Eros yang juga politikus itu.

Eros meminta semua pihak mewaspadai desain politik oleh pihak tertentu, baik dalam pemahaman demokrasi ataupun pandangan seperti negara khilafah. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top