Polisi Kaji Laporan Caleg PDIP atas Dugaan Makar Amien Rais

publicanews - berita politik & hukumDewi Ambarwati alias Dewi Tanjung, politikus PDIP yang melaporkan Amien Rais atas dugaan makar. (Foto: YouTube)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dilaporkan oleh politikus PDIP Dewi Tanjung ke Polda Metro Jaya dengan sangkaan makar. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, kepolisian tengah mengkaji laporan tersebut.

Namun Argo tidak merinci langkah yang sedang ditempuh polisi. "Kita selidiki berdasar pasal yang dilaporkan," ujar Argo di kantornya, Rabu (15/5).

Dewi Tanjung melaporkan Amien berdasarkan rekaman orasi tokoh reformasi itu saat melakukan Aksi 313 di depan Kantor KPU dan Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3).

Saat itu Amien melontarkan perlunya people power untuk menghadapi kecurangan Pilpres 2019. "Kalau nanti terjadi kecurangan, kita enggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi), enggak ada gunannya. Tapi kita people power. People power sah," kata Amien

Selain Amien, Dewi juga melaporkan Imam Besar FPI Rizieq Syihab dan Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF)-Ulama Bachtiar Nasir. Wanita bernama asli Dewi Ambarwati Tanjung itu mengatakan, Rizieq melontakan perlunya revolusi untuk mengganti kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Habib Rizieq waktu itu saya lihat di video yang beredar di WA (WhatsApp) grup bahwa dia menyerukan people power dan meminta Jokowi turun. Bachtiar Nasir saya lihat di Youtube dia menyerukan revolusi-revolusi berkali," ujar caleg PDIP itu.

DeWi melaporkan ketiganya melanggar pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 jo pasal 87 KUHP jo Pasal 55 KUHP jo Pasal 56 KUHP dan/atau Pasal 14, Pasal 15 UU RI No. 1 tahun 1946 tentang perturan hukum pidana.

Mereka juga dilaporkan terkait pelanggaran Pasal 28 ayat (2) jo pasal 45 A ayat (2) UU RI No 16 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 10 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Sebelumnya Dewi melaporkan anggota Dewan Pembina PA 212 Eggi Sudjana soal makar. Pengacara Rizieq itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan polisi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top