Ucapan 13 Tokoh Sudah Dikaji Tim Bentukan Wiranto

publicanews - berita politik & hukumAmien Rais dan Rizieq Syihab, dua diantara 13 tokoh nasional yang ucapannya telah dikaji Tim Asistensi Hukum Kemenko Polhuksm. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tim Asistensi Hukum bentukan Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) sudah mulai bekerja dengan mengkaji ucapan dari 13 tokoh. Tim menduga mereka melanggar hukum.

Hal itu disampaikan anggota Tim Asistensi Hukum Romli Atmasasmita dan Indriyanto Seno Adji saat dihubungi wartawan, Selasa (14/5).

Romli mengatakan, tim sudah mulai bekerja sejak Senin kemarin. "Sudah dipaparkan 13 tokoh dalam rapat pertama kami kemarin," ujar Romli, Selasa siang.

Di antara ketigabelas nama itu terdapat nama Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syibab, Kivlan Zen, dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasionel (PAN) Amien Rais.

Menurut Romli, Tim hanya akan memberikan pandangan terhadap sebuah tindakan yang diduga melanggar pidana, tetapi tidak pada tahap penegakan hukum.

Keberadaan tim ini, ia menambahkan, bukan badan baru di luar kepolisian dan kejaksaan tetapi hanya memberi masukan kepada kepolisian. "Terserah Polri mau pakai yang mana, dia kan punya kewenangan sendiri," Romli menjelaskan.

Indriyanto menambakan tim ini akan memberikan basis profesionalitas aparat penegak hukum. Ia memastikan tim beranggotakan para pakar hukum ini tidak akan melakukan intervensi penegakan hukum Polri.

Masa kerja tim berakhir pada 31 Oktober 2019 mendatang. (feh)

Berita Terkait

Komentar(2)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah14 Mei 2019 | 19:37:18

    Sekarang pada mikir tuh... diciduk baru nyaho ente....

  2. de'fara @shahiaFM14 Mei 2019 | 19:34:49

    Ya sangat membantu polri dlm melaksanakan penegakan hukum di indonesia.

    Yang benar harus dikatakan benar, yg salah harus dikatakan salah.

Back to Top