Jaksa Agung Tegaskan Kasus Bachtiar Nasir Tidak Ada Unsur Politik

publicanews - berita politik & hukumJaksa Agung M Prasetyo. (Foto: kejaksaan.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Jaksa Agung M Prasetyo menegaskan, proses hukum terhadap Bachtiar Nasir atas dugaan pencucian uang murni berdasarkan fakta hukum.

"Tidak ada politik-politikan di sini, murni penegakkan hukum sesuai fakta hukum," kata Pradetyo kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (10/5).

Menurutnya politisi Partai Nasdem itu, penegak hukum tidak membeda-bedakan maupun adanya upaya kriminalisasi seperti yang tuduhkan.

Ia menjelaskan, penetapan tersangka untuk pimpinan aksi bela Islam itu secara kebetulan berada di tahun politik sehingga dimanfaatkan pihak tertentu.

"Kita lihat ke depan seperti apa, tujuannya bagaimana, pasal yang dituduhkan seperti apa, buktinya apa, itu kita teliti nanti," Prasetyo menandaskan.

Kasus tersebut terjadi sejak 2017 dan dilanjutkan di tahun 2019. Ia meminta pihak manapun menghormati proses hukum yang berlaku.

"Jangan terpancing dari opini-opini yang tidak bertanggung jawab. Jadi harus melihat fakta hukum yang ada," ujarnya.

Ia juga membenarkan, Kejaksaan Agung telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) Bachtiar Nasir dalam dugaan tindak pidana pencucian uang dengan tindak pidana asal pengalihan aset Yayasan Keadilan untuk Semua.

"Kita tunggu berkas perkaranya, diteliti dulu agar tidak ada kesan kami semena-mena. Kami tangani secara profesional, objektif, sesuai fakta yang ada," Prasetyo menambahkan.

Bachtiar Nasir diduga melanggar UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan atau UU Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah dan UU Nomor 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top