Biar Jera, Ketua KPK Usul Koruptor Taruh di Nusakambangan

publicanews - berita politik & hukumKetua KPK bersama Dirjen PAS Sri Puguh saat diskusi terkait lembaga pemasyarakatan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4) siang. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo berharap narapidana koruptor dikirimkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Menurut Agus, penempatan para koruptor di sana dapat menimbulkan efek jera karena didukung dengan lokasi dan sistem keamanan di sana.

"Saya berpikir, wah ini kalau khusus tipikor juga ada di Nusakambangan itu lebih baik karena di sana juga kebetulan ada yang khusus," ujar Agus dalam diskusi dengan Dirjen PAS di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4).

Agus mengatakan, beberapa waktu lalu ia sempat mendatangi dan mengecek situasi di Lapas Nusakambangan. Berdasarkan pengamatannya, penempatan sel penjara yang dibagi beberapa tingkatan mulai dari minimum security hingga supermaximum security dapat membuat narapidana lebih memilih mengembalikan uang korupsi daripada hukuman badan.

Ia mencontohkan Jhon Kei yang sempat dijuluki The Godfather-nya Jakarta, yang mendekam di Nusakambangan atas kasus pembunuhan bos Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung, pada 2013 lalu. John Kei akhirnya bertobat.

Menurut Agus, Jhon Kei mendapatkan terapi dengan ditempatkan di sebuah ruangan kecil hanya seorang diri selama berbulan-bulan.

"Saya bayangkan, kalau koruptor bandel belum mau mengembalikan uangnya, ya taruh di situ supaya dikembalikan. Nah, nanti kalau sudah dikembalikan, baru turun kelas dari super maksimum ke maksimum. Mosalkan nanti tingkah lakunya berubah, baru ke yang berikutnya," ujar Agus.

Agus menyebut rencana tersebut sudah didiskusikan dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumhsm. Tinggal menungu hasil rekomendasi tersebut. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top