Sandi Tak Akan Ambil Gaji, Berapa Penghasilan Wapres?

publicanews - berita politik & hukumCapres Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga tidak akan mengambil gaji jika terpilih dalam Pilpres mendatang.

"Kami berkomitmen bahwa kami berdua untuk tidak akan ambil gaji serupiah pun jika kami dapat amanah ini" kata Sandi di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4) malam. "Kami akan beri (gaji) ke negara, kaum yatim dhuafa," ia menambahkan.

Pernyataan Sandi ini juga pernah diucapkan saat mencalonkan diri sebagai cawagub DKI Jakarta. Dan ia benar-benar membuktikannya.

Ketentuan gaji presiden dan wakil presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001.

Gaji dan tunjangan Presiden sebesar Rp 62.740 juta per bulan. Sedangkan Wakil Presiden setiap bulan mendapat Rp 42.160.000.

Gaji kepala negara itu mendasarkan pada Undang-Undang No. 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Pada pasal 2 disebutkan gaji pokok Presiden adalah enam kali gaji pokok tertinggi pejabat di Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden. Sementara gaji pokok Wakil Presiden adalah empat kali gaji pokok tertinggi pejabat selain Presiden dan Wakil Presiden.

Berdasar Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000, gaji pokok tertinggi pejabat negara (Ketua DPR, MA, BPK) adalah Rp 5.040.000 per bulan.

Dengan demikian gaji pokok Presiden setiap bulannya adalah enam kali gaji tersebut, yakni sekitar Rp 30.240.000.

Sedangkan gaji pokok Wakil Presiden setiap bulannya adalah empat kali dari gaji tersebut, yakni Rp 20.160.000.

Besarnya tunjangan jabatan yang diterima Presiden dan Wakil Presiden setiap bulannya sesuai dengan Keputusan Presiden No. 68 Tahun 2001 yaitu sebesar Rp 32.500.000 untuk Presiden dan Rp 22 juta untuk Wakil Presiden. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top