Mukernas PPP

Suharso Monoarfa Hampir Pasti Gantikan Rommy

publicanews - berita politik & hukumSuharso Monoarfa (kanan), Romahurmuziy, dan Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Twitter/@DPP_PPP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Nama Suharso Monoarfa menguat untuk menggantikan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy menjelang Musyawarah Kerja Nasional partai Kabah tersebut. Sejumlah pengurus teras mengamini hasil rapat harian di Kantor DPP PPP, Jakarta, Sabtu (16/3) lalu.

"Mukernas mengukuhkan hasil rapat harian PPP mengenai pelaksana tugas ketua umum," kata Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi Arwani, Rabu (20/3).

Mukernas akan berlangsung di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, malam ini hingga besok. Penunjukan Suharso sebagai Plt Ketua Umum diambil dalam rapat harian menyusul penetapan Rommy, sang ketua umum, sebagai tersangka dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Penunjukan Suharso merupakan buntut penetapan tersangka Romahurmuziy atau Romy PPP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Romy disangka menjadi makelar dalam seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama Tahun 2018-2019.

Sejumlah pengurus daerah juga mendukung penetapan definitif Suharso sebagai Ketua Umum PPP. Sekretaris DPW PPP Jawa Timur Norman Zein Nahdi hati ini juga menegaskan dukungannya pada anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu.

"Apalagi ditunjuknya Pak Suharso direstui Ketua Majelis Syariah KH Maimoen Zubair ," ujar Norman di Surabaya. Ia akan berangkat ke Bogor mengikuti Mukernas.

KH Maimoen, yang akrab disapa Mbah Moen, adalah sesepuh PPP yang sangat disegani. Mbah Moen pula yang meminta peserta rapat harian di DPP untuk memilih Suharso sebagai Plt Ketua Umum.

Dukungan untuk Suharso juga mengalir dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ketua DPW Jabar Ade Yasin menegaskan, ia tidak mau berspekulasi munculnya kandidat lain dalam Mukernas Bogor.

"Mukernas Rabu malam di Bogor untuk melegitimasi Plt Ketum (Suharso),” kata Ade Yasin, yang juga Bupati Bogor, pagi tadi.

"Pak Suharso Monoarfa dipilih karena dianggap mampu mengamankan PPP di Pemilu 2019 dan siap mengemban tugas," kata Ketua DPW PPP Jateng Masruhan Samsurie di Semarang, kemarin.

Romy resmi diberhentikan sebagai Ketua Umum dalam rapat pengurus harian DPP pada Sabtu pekan lalu. Romy sendiri telah menyerahkan surat pengunduran diri.

Menurut AD/ART partai, pengganti ketua umum adalah waklinya. Namun Mahkamah Partai dan fatwa Majelis Syariah meminta seluruh wakil ketua umum menyepakati menunjuk Suharso Monoarfa. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top