Besok, KPK ke DPR Bantu Isi LHKPN

publicanews - berita politik & hukumGedung DPR, ilustrasi
PUBLICANEWS, Jakarta - Anggota DPR merupakan salah satu wajib pajak yang tidak patuh melaporkan harta kekayaannya. Oleh karena itu, KPK akan menyambangi Gedung Parlemen pada rabu (20/3) besok.

Kunjungan ini sebagai upaya KPK mendampingi para legislator Senayan untuk mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mereka.

"Sebagai upaya pencegahan, besok, Rabu (20/3), KPK akan datang ke DPR untuk melakukan pendampingan pengisian LHKPN," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah mdalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/3).

KPK telah menerima surat tertanggal 15 Maret 2019 dari Sekjen dan Badan Keahlian DPR-RI perihal permintaan penugasan pegawai KPK pada coaching clinic di DPR. Surat tersebut ditujukan pada Direktur PP LHKPN KPK untuk melakukan pendampingan pengirian SPT Pajak Tahun 2018 dan LHKPN melalui pengisian e-LHKPN.

Rencananya pengisian LHKPN tersebut akan digelar mulai pukul 10.00 WIB di Loby Gedung Nusantara III atau di depan press room.

Febri mengatakan, KPK menyambut baik permintaan tersebut dan akan menugaskan pegawai dari Direktorat LHKPN.

"Semoga dengan adanya kooordinasi ini maka tingkat kepatuhan pelaporan LHKPN di sektor politik ini meningkat dan lebih baik ke depan," ujar Febri.

Anggota DPR Paling Rendah Ketaatan Melaporkan Kekayaannya

Berdasarkan data KPK, ada 471 dari 546 anggota DPR yang belum menyetorkan LHKPN-nya. Artinya, baru 75 wakil rakyat atau 13,74 persen‎ yang sudah melapor.

Untuk MPR, baru empat dari delapan anggota MPR atau setengahnya yang belum melapor.‎ Sementara untuk anggota DPD, ada 51 orang yang belum menyetorkan LHKPN dari 133 yang wajib lapor.

"Sampai saat ini, resume kepatuhan pelaporan LHKPN di legislatif masih cukup rendah dibanding (lembaga) yang lain," ujar Febri.

Sesuai dengan batas waktu pelaporan periodik, batas akhir penyerahan LHKPN 2018 adalah 31 Maret 2019. Pada awal April, KPK akan mengumumkan nama-nama anggota legislatif yang telah melaporkan kekayaannya. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top