Mulai Hari Ini, Tim KPK Safari ke Parpol Bahas Dana Politik

publicanews - berita politik & hukumKomisi Pemberantasan Korupsi. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tim Satgas Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK akan mendatangi kantor-kantor DPP Parpol. Kunjungan dilakukan untuk melanjutkan dialog pencegahan praktik korupsi di sektor politik.

"Tanggal 12 Maret di Jakarta, tim satgas untuk politik berintegritas yang ada di Diknyanmas mulai akan mendatangi kantor-kantor DPP parpol dan berdiskusi terkait dengan upaya perbaikan pendanaan parpol," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (11/3) malam.

Dalam pertemuan tersebut ada sejumlah hal yang dibahas, diantaranya mengenai dana rasional dan realistis yang dibutuhkan oleh parpol dalam berkegiatan.

Selanjutnya terkait aspek akuntabilitas dan keterbukaan parpol pada publik karena uang yang digunakan itu adalah uang dari masyarakat.

"Nah, kami akan duduk. Tim KPK akan datang dan diskusi bersama unsur-unsur DPP di parpol," ujar Febri.

Rencananya ada empat kantor DPP partai yang akan disambangi KPK, yakni PKS, Gerindra, PDIP, dan PKB. Febri menyebut dibentuknya tim khusus ini dibentuk di bawah Kedeputian Bidang Pencegahan ini untuk melakukan roadshow dan diskusi khususnya dengan masing-masing Bendahara Umum Partai politik.

Menurut Febri, tujuan kunjungan tim KPK ke parpol-parpol adalah untuk menyelesaikan persoalan korupsi di sektor politik. Pasalnya dari banyak kajian yang dilakukan KPK, akar dari praktik rasuah adalah pendanaan partai.

"Dalam konteks itulah KPK mendekati dari perspektif pencegahan selain upaya penindakan yang dilakukan selama ini," kata Febri.

Setelah empat partai ini, lanjut Febri tim KPK akan melanjutkan safari politik berintegritas ke partai-partai lain pada Kamis, 14 Maret 2019. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top