KPK Undang Bendahara Parpol Bahas Pencegahan Korupsi Dana Politik

publicanews - berita politik & hukumJuru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Satgas Politik di Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Diyanmas) KPK akan mengundang para bendahara partai politik pada 12 Maret hingga 14 Maret 2019 mendatang.

Undangan untuk membicarakan membangun sistem pencegahan di sektor politik. KPK akan mendalami keuangan dan kebutuhan pendanaan partai politik.

"Untuk berdiskusi lebih dalam terkait dengan pemetaan kebutuhan pendanaan politik masing-masing parpol," kata Jubir KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/3). 

Pada pertemuan tersebut, ujar Febri, tim KPK akan melakukan wawancara mendalam atau in-depth interview terhadap para bendahara parpol. Dengan wawancara ini KPK berharap mendapatkan gambaran yang akurat mengenai kebutuhan pendanaan dan pengelolaan keuangan parpol agar lebih transparan dan akuntabel. 

KPK pun berharap parpol juga akan partisipatif menyampaikan kondisi riil dan ideal dalam pendanaan parpol. KPK meminta parpol membangun komitmen bersama untuk mencegah korupsi melalui pelaksanaan lima pilar Sistem Integritas Partai Politik (SIPP).

SIPP tersebut menyangkut keuangan parpol, kode etik, demokrasi internal paprol, kaderisasi, dan rekrutmen.

Dengan demikian, diharapkan adanya pembaharuan data kebutuhan pendanaan parpol dengan menggunakan data yang lebih realistis di tahun 2019 ini.

Pertemuan dengan bendahara parpol ini merupakan kelanjutan dari Focus Group Discussion (FGD) KPK bersama para Sekjen atau perwakilan parpol pada Selasa (5/3) lalu. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top